Tips Menulis: Melakukan proofreading naskah




Tips melakukan proofreading naskah

Ada yang tau proofreading? Ya, proofreading adalah sebuah proses uji coba kelayakan naskah setelah editing yang biasanya dilakukan untuk memastikan naskahmu emang worth it buat naik cetak dan dipublikasi. Tapi, gimana sih caranya ngelakuin proofreading yang efektif?


1.       Percayakan pada orang yang memang bisa dipercaya

Usahakan proofreading dilakukan oleh orang-orang yang memang kamu percaya. Misalkan naskahmu ini komedi, berikan naskahmu ke orang kepercayaanmu yang punya selera komedi yang bagus. Pasti dia bakal ngasih banyak masukan yang oke buat kamu.

2.       Uji coba naskahmu ke temanmu yang terkenal suka jujur

Kamu pasti punya kan temen yang terkenal karena polos dan jujur? Nah, orang itu cocok banget buat dijadiin sasaran kamu melakukan proofreading. Untuk memastikan naskahmu layak, kamu ga Cuma kasih ke mereka yang expert, tapi kamu juga harus kasih ke orang yang bener-bener buta tentang ilmu kepenulisan supaya mereka menyampaikan kesan pesan mereka secara jujur dan apa adanya. Tentu ga semua omongan si polos ini harus kamu ikutin, tapi setidaknya kamu tau apa sih reaksi orang biasa ketika baca naskah kamu.

3.       Buat catatan kecil

Biasakan untuk memiliki catatan-catatan setiap kali kamu mendapat poin-poin penting dari para proofreader. Meskipun nggak harus semuanya kamu ikutin, tapi tentu ada baiknya kamu catat semua poin-poin yang mereka kasih biar proofreading yang kamu lakuin ini ga sia-sia.

4.       Buat kesimpulan

Setelah mencatat ini dan itu, saatnya membuat kesimpulan. Kamu bisa simpulkan dalam beberapa poin saja. Misal chapter mana yang membosankan dan perlu diberi konflik, serta bagian mana saja yang bisa dihapus untuk mengefektifkan ketebalan novel.


Demikianlah beberapa tips melakukan proofreading naskah. Kalau kamu masih juga ragu, jangan sungkan buat berikan naskahmu ke Kafe Kopi, siapa tau kami bisa bantu kelola naskahmu jadi lebih baik!


Komentar

share!