Biografi Penulis: Conan Doyle


Tahu karakter Conan Edogawa dalam serial animasi jepang “Detective Conan”? Dalam animasi tersebut dijelaskan sosok seorang detektif muda yang cerdas dalam berlogika dan mengambil kesimpulan. Juga, Conan digambarkan sebagai sosok yang mengidolakan Sherlock Holmes. Tahukah kalian bahwa karakter Conan ini terinspirasi penulis misteri terkenal bernama Conan Doyle?

Nama: Athur Ignatius Conan Doyle
Tempat Tanggal Lahir: Edinburg, 22 Mei 1859
Meninggal pada 1930.


Di masa mudanya, Conan menghabiskan waktunya dengan menempuh pendidikan di stonyhurst sebelum kemudian menempuh pendidikan kedokteran di universitas Edinburg. Setelah lulus, Conan berkesempatan untuk bekerja menjadi dokter di perkapalan yang mengarungi dunia. Itulah yang menjadi asal muasal mengapa Conan dikenal dengan tulisan serialnya yang amat berwawasan dan tak pernah terkunci hanya pada satu ide saja.

Setelah bekerja di perkapalan, Conan memilih untuk membuka praktik dokter sendiri di southsea, pantai bagian selatan inggris. Namun sayang, pasiennya sangat sedikit sehingga ia lebih banyak menghabiskan waktunya dengan cara membaca buku. Dan karena waktu luang yang banyak pula, Conan mulai mengasah kemampuan menulisnya.

Beberapa karya yang paling terkenal diantaranya:
- Study in Scarlet
- Sejarah Spiritualisme

Tokoh sherlock holmes diciptakannya pada tahun 1886 dengan cerita berjudul a study ini scarlet. Sherlock Holmes baru dikenal secara luas setelah diterbitkan dalam bentuk cerita bersambung di majalah strand pada tahun 1891. Kumpulan cerita tersebut lantas dikumpulkan dan dibukukan menjadi sebuah buku berjudul The adventures of sherlock holmes.

Suatu ketika Conan bosan dengan karakter sherlock holmes, sehingga memutuskan untuk mengakhiri hidup sherlock holmes pada suatu episode. Seketika penggemarnya kecewa dan serentak menginginkan Conan untuk terus menulis cerita Sherlock Holmes. Secara terpaksa, Conan terus melanjutkan episode sherlock holmes.

Selain menulis fiksi, ia juga menulis buku sejarah yang berjudul perbuatan perbuatan berani brigadir gerard pada tahun 1896. Lantas ia juga menulis artikel artikel yang inspirasinya ia dapatkan bedasarkan pengalamannya mengikuti perang boer dan perang dunia I.

Kesuksesannya menuntunnya menuju penghargaan dari pemerintah Inggris sehingga ia meraih gelar “SIR” yang sangat dihormati orang-orang.

Sumber:
gemilang, jingga, 2014. RAHASIA DI BALIK KESUKSESAN PARA MAESTRO PENULIS BESAR DUNIA. Penerbit: parasmu.
Cite: www.wikipedia.com




Komentar

share!