Biografi Penulis: Charles Dicken


Bagi kalian para penggemar sejarah kesusastraan, pasti tahu dengan Charles Dicken. Ia dijuluki sebagai penulis terbesar Inggris abad 19.

Nama: Charles John Huffam Dicken
Tempat Tanggal Lahir: Landport, 7 February, 1812
Meninggal di Higham, 9 Juni 1870


Charles Dickens bahkan masih dikenal hingga saat ini. Banyak buku-bukunya yang masih bertebaran di toko-toko buku dan perpustakaan di dunia, dan masih saja dicari para pecinta sastra di seluruh dunia. Banyak naskah dari buku-bukunya yang diangkat menjadi film. Memang, semasa ia hidup, ia memang memiliki popularitas yang sangat mendunia hingga mendapatkan julukan penulis terbaik di era Victorian.

Charles mendapatkan kesempatan untuk sekolah di Wllington House Academy. Pada tahun 1827, Charles bekerja di sebuah firma hukum bernama Ellis Blackmore. Sebagai konsekuensinya, Charles memilih untuk berhenti sekolah untuk fokus menekuni pekerjaannya.

Tak lama, kemudian ia pindah ke Firma Hukum lain bernama Charles Molley pada tahun 1828. Namun karena merasa hukum bukan passionnya, pada tahun 1830, Charles mengubah profesinya menjadi seorang reporter di beberapa acara, diantaranya acara “Truesun”, “Mirror of Parliament”, dan “Morning Chronicle”. Selama menjadi reporter, Charles dikenal sebagai seorang reporter yang cepat dan akurat dalam menyampaikan pesan.

Beberapa karyanya yang terkenal antara lain:
- The Chimes
- The Cricket of the Heart
- Chrismast Card
- American Notes
- The Old Curiosity Shop
- Dinner at Poplar Walk
- The Pickwick Papter
- Sketcher by Boz
- Nicholas Nickerby
- Barnaby Rudge
- Oliver Twist

Dikenal sebagai penulis reformis, Charles senang sekali menceritakan kisah-kisah buruk untuk dijadikan pelajaran dan diambil hikmahnya untuk pembaca.

Inspirasi Charles sangat didominasi dari kehidupan pribadinya. Kisah cintanya yang berulangkali pupus dengan banyak wanita, membuatnya mampu menulis kisah-kisah perceraian dan patah hati dengan sempurna. Banyak tokoh yang Charles buat di dalam ceritanya, adalah mantan-mantan wanita yang pernah mengisi hatinya dan pernah menjadi istri-istrinya.

Seusai perceraiannya yang terakhir, Charles jadi lebih sering tampil ke atas panggung untuk membacakan karya-karya sastranya dalam bentuk pembacaan puisi, drama. Pertunjukan-pertunjukan inilah yang membuatnya kelelahan dan jatuh sakit hingga akhirnya ia memilih untuk berhenti tampil dimanapun.

9 Juni 1870, Charles meninggal secara tiba-tiba di rumahnya, Gad’s Hill Place. Lantas dimakamkan di Westminser Abbey.

Sumber:
gemilang, jingga, 2014. RAHASIA DI BALIK KESUKSESAN PARA MAESTRO PENULIS BESAR DUNIA. Penerbit: parasmu.
Cite: www.wikipedia.com



Komentar

share!