Biografi Penulis: Anton Chekov


Kenal Anton Chekov? Seorang penulis asal luar negeri yang terkenal dengan cerpen-cerpennya? Kalau belum kenal, yuk kenali Anton lebih dekat!

Nama: Anton Chekov
Tempat tanggal lahir: Taganrog, 29 Januari 1860


Anton Chekov adalah seorang penulis naskah drama dan penulis cerpen terkenal di Rusia. Gaya kepenulisannya sangat berbeda dengan gaya kepenulisan yang hidup pada zamannya sehingga banyak karya-karyanya yang dianggap sebagai adikarya yang bernilai tinggi pada abad 20.

Masa lalu Chekov ternyata tidak melulu tentang menulis. Ia memulai masa kecilnya dengan berkarya di teater dan tampi di desa-desa. Dari situlah Chekov mulai belajar menulis anekdot singkat, cerita lucu, atau bahkan dialog-dialog romantis.

Ayahnya, Pavel Yegorovich Chekov, merupakan pedagang yang sangat disiplin dan fanatik. Ia memaksa keenam anaknya untuk aktif di geraja ortodoks timur. Karena dililit hutang, pada tahun 1875, keluarga ini kabur ke Moskwa, termasuk Chekov. Terlepas dari lilitan hutang, mereka lantas terlilit kemiskinan.

Di Moskwa, Chekov justru mengembangkan diri dengan cara menempuh sekolah kedokteran dan lulus pada tahun 1884. Berikutnya Chekov aktif sebagai seorang penulis cerpen. Chekov dikenal sebagai penulis yang amat produktif, bahkan ia pernah dalam satu tahun menulis lebih dari seratus judul cerita pendek dan menerbitkannya dalam sebuah kompilasi cerpen berjudul Aneka Cerita (Pestrye Rasskazy).

Karyanya yang pertama diliput di surat kabar mingguan St Petersburg Strekoza pada maret 1880. Seketika, Chekov dikenal sebagai seorang penulis yang matang. Ia dikenal sebagai penulis satir kehidupan jalanan rusia.

Akhir tahun 1880, Chekov tertular Tuberkulosis dari pasiennya. Lantas ia memilih berhenti bekerja sebagai dokter dan menghabiskan waktu dengan melakukan perjalanan panjang ke Ukraina. Sekembalinya dari Ukraina, ia mulai menulis cerita pendek yang panjang. Hasilnya, karyanya yang berjudul “Steppa” itu sukses diterbitkan di sebuah jurnal sastra.

Dan pada tahun 1901, Chekov menikahi Olga Leonardouna Knipper, seorang pemain drama rekannya semasa aktif di teater drama.

Beberapa karya-karya Chekov yang terkenal antara lain:
- Burung Camar
- Steppa
- Pestrye Rasskazy
- Ivanov
- The Bear
- The Wood Demon
- Antosha Chekhonte
- Paman Vonya
- Tiga saudari
- Kebun Ceri
- A Marriage Proposal

Salah satu cerpennya, Di Kala Senja, berhasil meraih penghargaan pushkin yang sangat prestisius.

Sumber:
gemilang, jingga, 2014. RAHASIA DI BALIK KESUKSESAN PARA MAESTRO PENULIS BESAR DUNIA. Penerbit: parasmu.
Cite: www.wikipedia.com




Komentar

share!