Tips Menulis: Fiksimini


Oleh sayogand

Fiksimini merupakan karya fiksi yang jumlah karakternya minim. Biasanya, fiksimini dapat  dibaca dalam kurang dari lima menit saja. Meski terlihat mudah, justru hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi penulis karena harus mampu menyampaikan pesan yang banyak hanya dengan susunan kata yang sedikit.

Lantas bagaimana tips dan trik dalam menulis fiksimini? Berikut kami rangkum beberapa poin diantaranya.


1. Gunakan kalimat ambigu
Kalimat bermakna ganda akan menjadi solusi untuk menceritakan kisah yang panjang tetapi dalam kosakata yang sedikit. Berlatihlah menyusun kalimat-kalimat yang ambigu supaya kalian mampu menulis cerita panjang dalam kosakata yang sedikit.

2. Buang keterangan yang tidak perlu
Dalam fiksimini, kalian harus memfokuskan tulisan kalian hanya kepada konflik dan resolusi saja. Hindari penggunaan kalimat kalimat yang memberikan keterangan tambahan karena itu hanya akan memperpanjang jumlah kalimat dalam cerita.

3. Buka dengan konflik
Kalian tidak punya banyak waktu untuk menulis kalimat pembuka dalam fiksimini. Kebanyakan fiksimini yang bagus memulai kalimat pembuka langsung dengan konflik.

4. Cukup satu konflik
Bagi kalian yang terbiasa menulis novel dengan banyak konflik, di fiksimini kalian harus menghilangkan idealisme kalian. Pada dasarnya dalam fiksimini kalian dituntut untuk menulis hal seringkas mungkin. Apabila kita menulis konflik lebih dari satu, justu itu menuntut kita untuk menulis hal-hal lain seperti karakter baru dan keterangan-keterangan tambahan yang membuat fiksimini tidak “mini” lagi.


Itulah dia beberapa tips dalam menulis fiksimini. Semoga bermanfaat!


Komentar

share!