Biografi Penulis: Allan Poe


Allan Poe, dikenal sebagai Bapak Cerpenis Amerika. Apakah kalian tahu bagaimana perjuangan Allan agar bisa menjadi seorang cerpenis ternama?


Nama: Edgar Allan Poe
Tempat tanggal lahir: Boston, 19 Januari 1809
Meninggal di Baltimore, 7 oktober 1849

Allan Poe adalah penyair, cerpenis, editor, kritikus, sekaligus salah satu pemimpin gerakan romantik amerika. Ia dikenal sebagai praktisi pertama penulisan cerita pendek di Amerika. Tak hanya itu, ia juga dikenal sebagai perintis karya fiksi detektif dan kriminal. Ia meninggal pada usia 40 tahun dengan alasan yang tidak jelas. Ada yang menduga ia meninggal karena alkohol, obat bius, kolera, rabies, dan hal-hal lainnya.

Allan Poe dianggap sebagai seorang legenda karena karya-karya macabre-nya, yang dianggap tulisan visioner dan jauh melampaui masanya. Meski begitu, karena terlalu melampaui masanya, ada banyak kalangan yang tidak bisa menerima, bahkan menolak.

Allan menjadi seorang yatim piatu sejak kecil karena ibunya meninggal saat ia masih belia. Dan setelah ibunya meninggal, ayahnya pergi meninggalkannya. Allan kemudian diasuh oleh John dan Frances Allan di Richmond, virginia. Tapi hak asuh mereka tidak resmi.

Allan dibesarkan dengan sangat baik oleh keluarga Allan. Allan dikenal handal berenang dan handal berpuisi. Keluarga Allan selalu bangga setiap Allan menulis puisi. Mereka menganggap puisi-puisi Allan sudah jauh di atas anak-anak seusianya.

Namun semua berubah ketika bisnis John Allan bangkrut. John jadi lebih sensitif dan pemarah. Dari situ Allan mulai belajar mandiri, keluar dari zona nyaman untuk daftar sebagai mahasiswa di Virginia University. Meski begitu, ia memilih untuk berhenti dan melanjutkan karier di militer.

Allan menempuh pendidikan militer angkatan darat. Namun karena gagal menjadi perwira, Allan memilih mundur dari dunia militer dan memilih untuk menjadi seorang penulis.

Karier pertamanya di dunia kepenulisan dimulai lewat koleksi cerpen anonym yang berjudul Tamerlane and Other Poems pada tahun 1827.

Beberapa karya Allan yang terkenal diantaranya:
- Eureka
- Tamerland and other Poems

Berbekal masa lalu yang sulit, tulisan Allan Poe dikenal khas. Allan begitu handal bercerita tentang kebencian, kekerasan, kesepian, sesuai dengan apa saja yang pernah ia lalui dalam hidupnya. Allan memiliki daya ingat yang tinggi, sehingga Allan mampu menceritakan secara ulang detail kejadian-kejadian yang menimpa hidupnya. Itulah yang membuat tulisannya begitu hidup.

Pada masa tersebut, banyak penulis menulis genre romansa, dan genre-genre lain yang lembut. Tetapi Allan mendobrak itu dengan melahirkan karya yang memperlihatkan kekejaman, kebencian. Memang kontroversial, tetapi itu yang membuat karya-karya Allan begitu menonjol bagi para penikmat sastra.
Ada banyak orang yang beranggapan Allan berani melahirkan karya kontroversial dan imajinatif karena ia mengonsumsi opium sebagai perangsang kreativitas. Tetapi hal itu tidak terbukti sama sekali.

Sumber:
gemilang, jingga, 2014. RAHASIA DI BALIK KESUKSESAN PARA MAESTRO PENULIS BESAR DUNIA. Penerbit: parasmu.

Cite: www.wikipedia.com


Komentar

share!