Biografi Penulis: Agatha Christie


Bagi kalian para pecinta karya sastra berbau misteri dan pembunuhan, pasti kenal dengan Agatha Christie. Ada yang belum tahu?

source: google
Nama: Agatha Mary Clarissa Miller
Tempat tanggal lahir: Torquay, 15 september 1890
Meninggal karena sakit di rumah kediamannya di Wallingford, Oxfordshire pada 12 januari 1976.

Agatha dikenal sebagai seorang penulis cerita detektif. Beberapa ceritanya bahkan masih terus dipublikasikan hingga hari ini. Berkat kepiawaiannya dalam menulis cerita detektif dan misteri, Agatha dijuluki sebagai queen of crime.

Agatha adalah seorang anak dari Frederick Alvah Miller, seorang pialang saham amerika dengan pendapatan independen. Namun sayang, ayahnya meninggal saat Agatha masih 11 tahun.

Agatha merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara, yaitu Louis Montant Miller dan Margaret Frary Miller. Karena perbedaan usia yang jauh dengan kedua saudaranya, Agatha memilih untuk tidak mendapatkan pendidikan formal. Sebaliknya, Agatha memilih untuk hidup sendiri saja di rumah dan melamun.

Agar tidak terlalu luang, waktu kosong Agatha terkadang diselipkan dengan kehadiran tutor paruh waktu di rumah. Dengan kata lain, Agatha menerima home schooling.

Usia 16 tahun, Agatha disekolahkan ke Paris selama dua tahun. Di sana, ia belajar menyanyi dan bermain piano. Meski berbakat, namun bakat Agatha tidak terlihat karena sifatnya yang pemalu.
Tahun 1912, Agatha resmi bertunangan dengan Reggie Lucy, seorang mayor di The Gunners. Namun kemudian ia malah jatuh cinta dengan letnan Archibald Christie. Dari situlah hubungannya beralih menuju ke pelaminan.

Agatha sempat menjadi volunteer aid detachment nurse yang memaksanya mempelajari berbagai macam obat-obatan dan bahan kimia. Yang ternyata menjadi modal terbesarnya dalam menulis cerita detektif.

Tahun 1927, ibunda Agatha meninggal dunia. Disusul dengan hancurnya rumahtangganya dengan Archie Christie. Tahun 1928, mereka resmi bercerai.

Karena pengalaman traumatis ini, Agatha sempat menghilang selama 10 hari. Setelah ditemukan di hotel harrogate, Agatha ternyata didiagnosa menderita amnesia dan gangguan saraf. Namun ternyata pengalaman traumatis ini juga menjadi bekal bagi cerita-cerita Agatha yang berikutnya.

Tahun 1930, Agatha mengunjungi Baghdad untuk kedua kalinya. DI kota tersebut ia bertemu dengan Max Mallowan, seorang arkeolog yang usianya 14 tahun lebih muda darinya. Hubungan mereka lantas berlanjut hingga ke pernikahan.

Agatha lantas menemani suaminya berkeliling dunia dalam ekspedisi arkeologi selama hampir 20 tahun. Bukunya yang berjudul Come Tell Me How You Live menggambarkan hari-harinya berpetualang dalam ekspedisi arkeologi.

Beberapa karya yang telah dilahirkan Agatha:
- The Misterious Affair at Styles
- Jane Marple
- Maria Westmacott
- Curtain
- Sleeping Murder

Karena kehebatannya dalam menulis cerita fiksi detektif, Agatha berkali-kali menerima penghargaan. Agatha dianugerahi commander of the order of the british empire pada tahun 1956. Tahun 1971 ia juga menerima penghargaan order of dame commander of the british empire yang membuatnya menerima gelar Dame Agatha Christie.


Komentar

share!