3 Tips Menulis Cerpen Paling Populer


Oleh: Sayogand


Menulis cerpen menjadi salah satu alternatif bagi kamu yang ingin nulis cerita fiksi tapi memiliki waktu yang sangat terbatas. Cerpen adalah tulisan yang dapat dibaca dalam sekali duduk. Selain itu, cerpen juga merupakan tulisan yang dapat ditulis dalam sekali duduk.

Meski terlihat mudah, menulis cerpen tak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak orang menulis cerpen hingga waktunya untuk mengembangkan diri, habis. Sehingga ia tumbuh tanpa menjadi apa-apa. Salah satu penyebabnya adalah karena orang tersebut menulis terus tanpa memahami bahwa ada teknik dalam menulis cerita fiksi khususnya cerpen. Dengan teknik tertentu, kita tidak hanya bisa memangkas waktu penulisan, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas tulisan kita.

Ada banyak sekali tips menulis cerpen, tapi di tulisan ini saya akan beberkan 3 tips menulis cerpen paling populer.

1. Jangan membuat karakter terlalu banyak

sumber gambar: reddit.com
Banyak penulis yang salah kaprah dalam menulis cerpen. Mereka menganggap cerpen adalah novel yang dirangkum menjadi pendek. Tentu hal tersebut tidak dapat dibenarkan. Cerpen biasanya alurnya sederhana, tokohnya sedikit, dan latar ceritanya hanya berkisar satu tempat atau dua tempat saja.

2. Buat deadline

sumber gambar: medium.com
Salah satu kesalahan berikutnya dari para penulis cerpen pemula adalah seringnya mengulur-ngulur waktu. Mengulur waktu akan membuat semangat kita dalam menulis menjadi turun dan ujung-ujungnya tulisan kita tidak selesai.

3. Baca karya orang lain

sumber gambar: shutterstock.com
Agar bisa menjadi penulis yang berkembang, kita harus sering-sering membaca karya tulis orang lain. Dengan begitu, kita akan memahami tulisan seperti apa yang laku di pasaran dan tulisan seperti apa yang tidak disukai orang.


Yuk menulis!

Komentar

share!