Biografi Penulis: Dewi Lestari (Dee)

Biografi Penulis Dee Lestari

Dewi Lestari Simagunsong atau lebih dikenal dengan nama Dee, merupakan penyanyi dan penulis kenamaan asal Indonesia. Namanya pertama kali terdengar setelah ia bergabung dengan grup vokal trio RSD (Rita Sita Dewi). 

Lahir di Bandung, 20 Januari 1976, wanita yang memiliki darah batak ini ternyata sudah aktif menulis jauh sebelum ia menekuni dunia tarik suara. Ia mulai menulis sejak kecil, dan bermimpi suatu saat bukunya akan dipajang di toko buku. Ketika SMP ia berkali-kali mengikuti lomba menulis cerpen namun sayang tak ada satu pun yang berhasil menjadi juara. Karena kesal, Dee memilih untuk mengembangkan bakat menulisnya secara diam-diam saja, dan lebih memilih untuk mengembangkan keahliannya bernyanyi di paduan suara SMAN 2 Bandung.

Setelah aktif membangun karier sebagai penyanyi, naskah-naskahnya satu persatu mulai menembus majalah dan mendapat sambutan hangat dari pembaca. Sebut saja salah satunya cerpen rico-de-coro yang tembus majalah mode tahun 90 an.

Pada tahun 2000 an, Dee mulai berpikir untuk menerbitkan salah satu naskahnya yang berjudul Supernova: Ksatria Putri dan Bintang Jatuh. Karena tak berani menerbitkan naskah ke penerbit, maka Dee memilih untuk menerbitkan sendiri naskahnya di bawah labelnya sendiri, Truedee Book. Tak disangka penjualan buku KPBJ berhasil mencetak rekor hingga tujuh ribu eksemplar dalam 14 hari. Dilanjut dengan episode “Akar” (2002), dan “Petir” (2004). Sejak saat itu Dee mulai berhenti meniti karier sebagai penyanyi dan memilih untuk keluar dari Trio RSD.



Setelah Petir, Dee menulis beberapa judul buku diantaranya Rectoverso, Filosofi Kopi, Madre, dan Perahu Kertas. Lantas dilanjut kembali dengan episode berikutnya dari Supernova, Partikel (2012), Gelombang (2014), dan Intelegensi Embun Pagi (2016) yang terjual 10.000 eksemplar lewat preorder sebelum bukunya ada di toko buku.

Berdasarkan informasi yang kami dapat dari situs pribadi Dewi Lestari, Dee telah menghasilkan sekitar 1,5 Miliar rupiah dari tulisan-tulisannya.

Sumber: www.deelestari.com


Komentar

share!