Tips - tips Menulis Cerita Religi


1.      Mencari literatur tentang Islam
Membaca komik memang mengasyikkan ya, dibandingkan membaca buku islami. Tetapi kalau kamu sudah mendapat feel-nya, pasti ketagihan! Maybe bisa diawali dengan membaca buku tentang hijrahnya seseorang. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menonton video-video yang memiliki konten Islam. Yang terpenting adalah cari literatur tentang Islam deh, karena itu sangat penting buat  kamu yang mau membuat cerita religi. Cari saja something yang membuatmu tertarik dengan Islam, sehingga mempermudah kamu untuk mengungkapkan apa yang mau kamu sampaikan.

2.      Buat cerita yang tidak membosankan
Jadi, kamu bisa membuat cerita semenarik mungkin deh. Bisa dengan membuat analogi-analogi yang nyambung atau ‘se-frekuensi’ dengan kalangan remaja. Tidak usah terlalu menceritakan seorang muslim yang perfect, nanti malah membuat orang-orang merasa berat dan sulit untuk berubah. Dengan menceritakan seorang muslim yang dulunya di jurang, lalu karena something dia mendapat hidayah, sehingga akhirnya dia berubah menjadi lebih baik. Nah, cara ini bisa dikemas dengan sedemikian rupa. Toh, kalau ada orang yang berubah karena membaca tulisanmu itu, secara tidak langsung kamu sudah berdakwah bahkan bisa menjadi investasi menggiurkan di surga nanti.

3.      Pesan cerita harus tersampaikan
Nah, cerita memang butuh pengemasan bahasa yang mudah dipahami oleh semua kalangan. Jadi, kamu perlu belajar untuk meng-explore, buat kata-kata santai dan sampai ke pembaca. Makna dari sebuah cerita itu sangat penting, karena inti dari sebuah tulisan adalah orang paham dengan apa yang kita tulis.
           

Dewi Masri

Kami masih memberikan refrensi cara membuat cerita religi/islami untuk para penulis yang ingin mencoba membuat cerita bergenre tersebut ya! Jangan patah semangat dan harus terus mencoba. Bagi penulis yang ingin karyanya diposting di website kafe kopi bisa mengirimkan tulisannya ke email kafkop ya : kafekopiindonesia@gmail.com kami tunggu karya-karya mengagumkan kalian! 

Komentar

share!