Teen-fict Anti Mainstream?!



Hai, dear readers! Berjumpa lagi di rubrik Tips Menulis, kali ini dengan saya, Embun! 😃 Kalau sebelumnya kita membahas tahapan menulis novel untuk pemula, sekarang kita akan berbincang-bincang tentang Teen Fiction nih! Pertanyaan kali ini adalah...

Bagaimana cara membuat Teen-fict yang nggak mainstream


1. Jangan melulu menulis kisah picisan!

Kalau dari kacamata saya pribadi, cara yang paling efektif adalah “Jangan melulu menulis kisah picisan!” Kenapa? Karena setiap orang pasti menyangkutkan Teen-fict dengan roman picisan anak SMA yang selalu membahas masalah anak sekolah, pacar hilang, kebandelan tokoh utama, dan banyak hal lain yang sebenernya bisa diganti dengan hal lain.

2. Ambil setting yang lebih unik!

Kisah anak SMA bisa kalian ganti dengan, sebut saja, adventure. Dari adventure, kita bisa mengembangkannya lagi menjadi lebih luas tanpa terkesan monoton. 

3. Lakukan riset untuk membuat setting cerita terasa semakin nyata!

Kesan yang tidak monoton itu bisa lebih kalian dapatkan jika kalian sebagai penulis pernah melakukan riset minimal sekali untuk menyusun setting cerita yang kalian buat. Sebaiknya tidak usah menggunakan setting tempat yang muluk jauh seperti luar negeri untuk penulis pemula. Gunakan wisata alam yang sekiranya ada di sekitar kalian, sehingga di waktu luang nanti kalian bisa mengunjunginya agar rasa yang tercipta dalam karya kalian semakin nyata. Menulis dengan referensi pengalaman pribadi akan terasa berbeda dibandingkan menulis dengan referensi dari internet.

Tanpa perlu banyak aturan lagi, hanya dengan tiga langkah di atas, kalian akan mendapatkan cerita dengan alur mengasyikkan dan pastinya pembaca akan merasakan kesan yang berbeda yang kalian tulis di dalamnya! 

Selain adventure, kalian bisa juga membumbui Teen-fict dengan pengetahuan ilmiah, seperti menceritakan seorang anak pandai yang gemar bereksperimen. Mungkin terdengar konyol dan aneh, tapi ingat, ketika kalian bisa menciptakan tuangan kata yang menghipnotis, percayalah semua akan terasa mudah. Dan tentu saja, tetap berpedomanlah pada hakikat Teen-fict yang menceritakan masalah percintaan. 

- Embun Prakoso

Hm, gimana nih tips-tips dari Embun? Singkat, padat, dan efektif banget buat dicoba. Ngebantu banget kan yah, pastinya! Jadi engga bingung-bingung lagi buat bisa nulis Teen-fict  yang anti mainstream, nih. 

Oh iya, Kafe Kopi masih buka penerimaan naskah kalian yang pengen bagi ilmu dan pengalaman perihal menulis lho! Dan temanya bulan ini adalah tentang menulis Teen-fict, kayak karya nya Embun di atas ^^ Yuk, segera kirim tips menulis dari kalian ke kafekopiindonesia@gmail.com dengan subjek NAMA_RUBRIK, kalau mau tanya-tanya lebih lanjut bisa langsung LINE ke aischasharini :) 

Pst, penulis yang karyanya terpilih bakal dapat sertifikat juga lho! Jadi yuk, langsung kirim tips menulis Teen-fict ala kamu! Kami tunggu yaa!


Komentar

share!