Tahapan Menulis Novel untuk Pemula.



Selamat datang di edisi ke-dua dari TIPS MENULIS! Udah siap beluuum?

Yuk, langsung mulai aja!

Tahapan Menulis Novel untuk Pemula
[Oleh Sesya]

1. Pikirkan tema yang ingin kamu usung!

Apakah mengenai percintaan? Atau gejolak sosial dalam masyarakat? Hal ini penting agar ceritamu tidak mengambang di kemudian hari.


2. Tulislah satu atau dua kalimat yang menggambarkan idemu secara keseluruhan!

Misalnya, kamu mengusung tema percintaan remaja; "Cinta segi tiga yang melibatkan perasaan di masa lalu dan persahabatan yang baru saja tumbuh menjadi buih-buih cinta."

3. Siapkan sinopsis buatanmu—dengan memakai sudut pandang orang ketiga—semenarik mungkin!

Kamu mungkin tidak tahu kalau sinopsis itu bisa sangat membantumu dalam mengembangkan kerangka, lho. Saat kamu selesai menulis sinopsis, silakan dibaca berulang kali, kemudian kembangkan konflik-konflik yang mungkin terjadi di dalam naskahmu. Sstt, jangan lupa untuk memikirkan penyelesaiannya juga. 😄

Sebaiknya menghindari banyak konflik, kalau tidak ingin membuat pembacamu jatuh bosan.

4. Segera eksekusi kerangka plot yang ada!

Suka tersendat menulis karena takut kalau tulisanmu tidak sesuai kaidah Bahasa Indonesia? Lanjutkan tulisanmu, guys! Pada tahap ini, kamu perlu menulikan mata dan tanganmu. Tulis... tulis ... dan teruslah menulis naskahmu tanpa memperhatikan kaidah saat ini. Kamu perlu menjaga kestabilan pikiranmu tanpa terganggu hal yang berkaitan dengan teknik. Tulislah bab per bab dengan pedoman kerangka yang sudah kamu buat sebelumnya.

5. Pelototi naskahmu!

Yap, di tahap ini kamu harus mulai belajar mengenai kaidah menulis. Kamu bisa bertanya kepada orang yang lebih paham; guru/dosen Bahasa Indonesia, teman-teman yang kamu rasa lebih paham daripada kamu, atau melakukan searching melalui internet. Ingat, belajar itu tidak ada yang instan. Kamu pasti akan menemukan kesalahan pada tulisanmu di hari ini, kemudian di hari esok, dan keesokan harinya lagi 😊 Itu adalah proses yang harus kamu taklukkan untuk bisa menjadi penulis profesional.😄
 ---
Gimana nih, tips dari Sesya? Udah paham kan kiat-kiat nulis novelnya? Jangan lupa buat dipraktekin ya! Ayo, terus konsisten menulis setiap harinya!

Selamat malam mingguan, semuanya! (iya, semuanya, karena malam minggu itu hak semua orang, ga cuma buat yang...ga jomblo u,u)


Komentar

share!