Editor’s Speak: Rekrutmen

Oleh: Sayoga R.P, Pemimpin Redaksi Kafe Kopi Indonesia

Akhir-akhir ini jam tidur saya mulai berantakan lagi. Setelah kemarin menghirup udara segar karena berhasil meluncurkan ebook terbaru Kafe Kopi: Enkripsi Himalaya, ternyata saya dihadapkan dengan kesibukan baru, yaitu penerimaan anggota baru Kafe Kopi. Saya harus melakukan sosialisasi terkait budaya di dalam Kafe Kopi, juga saya harus melakukan seleksi anggota berdasarkan portofolio karya yang mereka berikan kepada saya.

Sebaiknya, izinkan saya mengucapkan salam terlebih dahulu.

Assalamualaikum Wr. Wb


Mungkin kalian tahu bahwa kami, Kafe Kopi Indonesia, baru saja melakukan open recrutmen besar-besaran. Kami sangat takjub dengan antusiasme netizen yang hingga hari terakhir pendaftaran kemarin tercatat ada lebih dari 350 peserta yang mendaftar ingin menjadi bagian dari tim Kafe Kopi.

Penyeleksian juga berlangsung sangat ketat. Dari 350 peserta, yang kami terima hanyalah 70 orang. Ya, hanya 20%. Mengapa?

Kami bisa saja menerima semuanya. Tapi menerima semua pendaftar itu seperti mengizinkan orang sekampung untuk menginap di kamar tidur kita. Pasti buruk dampaknya.

So, sebetulnya ada yang lebih penting daripada sekedar merekrut anggota sebanyak banyaknya, yaitu kemampuan memberdayakan orang-orang di dalam organisasi. Dalam manajemen, kita sering menyebutnya sebagai manajemen sumber daya manusia. Yaitu tentang bagaimana cara meraih kepuasan anggota organisasi setinggi-tingginya dengan cara yang paling efektif.

Di luar teori ilmiah tentang organisasi, kita pakai saja pepatah sederhana bahwa kita harus membahagiakan sebanyak-banyaknya orang. Saya percaya bahwa leader must share happiness to the team. Pemimpin harus mampu memberikan kebahagiaan kepada seluruh anggota organisasi. Dan seluruh anggota organisasi harus memberikan kebahagiaan kepada pelanggan.

Saya tahu hadirnya anggota baru akan menghadirkan tantangan baru bagi saya, tetapi saya sangat berharap hadirnya puluhan anggota baru Kafe Kopi ini menjadi titik tolak Kafe Kopi untuk meraih impian yang lebih tinggi. Sebagai pemimpin redaksi, saya tentu berharap hadirnya anggota baru ini bisa menjadi bahan bakar untuk tim redaksi agar mampu berkarya lebih banyak, lebih bermutu, dan lebih kreatif.

Salam,


Sayoga R. P

Komentar

share!