CERITAKU

Karya: ANA FITRIANI


Ayam berkokok di waktu subuh menyambut mentari di pagi hari.... azan subuh terdengar ditelinga keluargaku, kami pun melaksanakan salat subuh setelah selesai melaksanakan ibadah salat subuh, kamipun memulai aktifitas bersama keluarga kecil kami.  Tak terasa cahaya mulai tampak sedikit demi sedikit dari celah dinding rumahku yang terbuat dari belahan bambu.



Pagi itu sangatlah cerah, matahari bersinar sangat ceria seperti orang-orang disekitarku, aku membereskan rumah bersama ibu ku. Tak lama kemudian aku keluar rumah bersama adikku betapa terkejutnya kami setelah mendengar suara song-song ramadhan yang digelar warga desa pertama kali di tahun ini, tak kami rasa besok telah tiba waktu puasa, melihat anak-anak dan warga sekitar yang begitu antusias menyambut bulan yang penuh berkah ini. Suara yang mereka nyanyikan tak lain kata Ramadhan...Ramadhan...Ramadhan telah tiba....(sebaris lirik) betapa gembiranya hati kami semua yang mendengar dan rasa bangga terhadap anak-anak itu.
Melihat itu semua aku terharu,,,,,betapa mulia hati mereka. Sekecil itu bersemangat mengingatkan umat muslim yang ada disekitar. Tak ada rasa lelah dan letih yang mereka rasakan yang ada hanya rasa gembira menyambut bulan yang penuh berkah ini. Semangat jiwa muda yang baru membuat suasana puasa ditahun ini bebeda yang kami rasakan.
Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dimana seluruh umat muslim berlomba-lomba dalam kebaikan. Tak hanya melaksanakan salat 5 waktu saja tapi memperbanyak sedekah, tadarus, salat sunnah, salat tarawih dan salat witir  secara berjama’ah di masjid serta lain sebagainya yang dilakukan umat muslim untuk mencari amal-amal baik yan di ridhoi Allah SWT.
Malam itu aku melihat kearah langit sambil berjalan menuju masjid dekat rumah betapa cerahnya cahaya bintang-bintang yang bertaburan dilangit, berkelap-kelip diangkasa menyambut bulan yang penuh berkah ini.
Tak terasa aku dan ibuku sudah sampai di masjid,  shubahanaallah,,,,, sungguh bulan yang penuh berkah ini memberikan banyak hidayah kepada kita semua. Masjid-masjid yang tampak sepi dihari biasanya sekarang tampak ramai dan berdesakkan.
Setelah semua orang selesai melaksanakan ibadah salat,, terdengar lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an dari masjid-masjid yang ada di sekitar rumah, shubahanaallah begitu indahnya setiap lantunan ayat yang mereka lantunkan. Semoga Allah menerima  semua amal mereka dibulan suci ini.
Keesokan harinya kami melaksanakan puasa, setiap hari rumah tak pernah sepi selain anggota keluargaku yang banyak, aku selalu kena omel baik dari mbak maupun ibuku sendiri, itulah aku, aku susah bangun saat waktu sahur sampai-sampai ibu sudah memanggil-manggil namaku,,ana,,ana bangun dah jam 4 ini,, masih saja aku tidur sesekali aku bangun hanya buka mata dan tidur lagi dan aku selalu tertidur lagi habis salat subuh. Pagi tu aku masih saja tidur sampai mbakku memanggil ana,,ana,, bangun lagi dah siang. Ntah kenapa aku susah sekali bangun (kebiasaan buruk yang tidak patut dicontoh).
Hingga akhirnya pesantren kilat itu datang, hal yang menyebalkan untuk datang karena selain duduk berjam-jam pasti bikin ngantuk.... Akhirnya akupun datang, hari pertama aku bersama sahabatku memandu acara pembukaan pesatren kilat dilapangan sekolah, tak terasa matahari dipagi itu sangatlah cerah dan membuat kami semua yang berada dilapanganpun merasa kepanasan. Tapi kami sabar karena kami tahu bahwa Allah bersama kami semua yaitu orang-orang yang sabar.
Setelah acara pembukaan selesai kami pun masuk ke ruangan yang telah disediakan, hari pertama kami belum mendapat materi dari ustad tapi setidaknya sebelum kami pulang kami melakukan salat dhuha dan tadarus bersama.
Tak terasa waktu begitu cepat, aku bertemu dengan teman-teman dan mereka mengajakku bukber, aku pun bingung mau ikut atau tidak masalahnya bukan hanya banyak yang mengajak aja tapi karena aku tak punya uangJ hiiihhiiii..... walaupun aku ada uang lebih baik aku tabung buat keperluaan yang lainnya.
Pulang dari sekolah tak ada kerjaan  aku pun membuka FB dan apa yang terjadi  ada yang membagikan status seperti ini: “JONES ITU BAHAGIA” aku pun mikir cie ileh jones aja dipikirin, seharusny orang-orang jones itu bersyukur, karena mereka tidak menghabiskan uang orang tuanya, dan bisa khusyuk menjalankan ibadah puasa ramadhan tahun ini. Ada lagi status:” Banyak bener cobaan hari ini” seharusnya orang-orang yang diberikan cobaan bukannya mengeluh tapi bersyukur diberikan nikmat, berarti Allah masih sayang kepadanya. Ada lagi status:”Belum pernah pacaran” seharusnya dia bangga dengan dirinya bukan malah dijadikan status, yang bikin orang malah berfikiran yang bukan-bukan. Tetep Husnuzon aja deh. Aku mah “DOSA” aja dech,,ets tunggu dulu Dosa: “Do’akan saya masuk syurga” aminJ dan jangan lupa “COI”: “Cintai orang-orang islam” .

Semoga dibulan yang penuh berkah ini membuat kita selalu ingat kepada Allah SWT dan kita menjadi lebih giat beribadah sampai seterusnya.

Komentar

share!