ISLAM ADALAH AGAMA YANG SEMPURNA




Karya:  Harrys Pratama Teguh

Sungguh indah agama Islam itu, memberikan banyak warna kehidupan, hukum-hukum agama yang adil, pedoman yang sangat lengkap dan sebuah Al-Qur’an yang dapat memberikan ketenangan kepada pembacanya. Setidaknya itu yang saya rasakan ketika saya masuk dalam sebuah pesantren. Saya dikenalkan banyak ajaran-ajaran tentang Islam. Sebelumnya saya sempat penasaran dengan kekuasaan Allah, apakah benar yang mengatur semua kehidupan ini adalah Allah? Dari situlah niatku memperdalam ilmu Islam kumulai.


Namaku Ahmad, aku  lahir dari keluarga yang sederhana, serba pas-pasan. Tetapi semua itu tidak menghalangi niatku untuk mencapai cita-citaku.
Suatu malam ada saudaraku yang datang bersilaturrahmi kerumahku, kami ngobrol banyak tentang kehidupan pesantren. Karena aku belum pernah sebelumnya hidup di pesantren, akupun mulai tertarik dengan kehidupan pesantren yang diceritakan oleh saudaraku itu. Saat itu aku masih berumur 16 tahun, tetapi aku sangat suka bergaul dengan orang yang berumur diatasku.
Setelah itu aku memutuskan untuk masuk pesantren, diantar oleh ayahku, akupun dititipkan kepada pengasuh di sebuah pesantren yang berada di Lampung Timur. Hari demi hari, minggu demi minggu aku lewati, aku mulai merasakan kesederhanaan kehidupan pesantren, mulai belajar banyak tentang ilmu-ilmu Islam. Pengetahuanku tentang agama Islam pun bertambah, aku semakin mengerti tentang kekuasaan Allah, tentang ajaran-ajaran islam yang dibawa oleh utusan Allah. Sedikit demi sedikit rasa penasaranku pun mulai terjawab, tetapi aku mulai semakin tambah haus akan ilmu Islam.
Dalam kehidupan yang sesederhana itu, tidur hanya beralaskan dinginya lantai, makan seadanya, dan hiburan-hiburan ala kadarnya. Hidup jauh dari keluarga ternyata tidak mudah, banyak tantangan yang aku hadapi, tetapi banyak hal indah yang aku dapatkan. Selama aku di pesantren aku tidak pernah kelaparan meskipun aku tidakn punya uang untuk beli makan, meskipun jarang makan tapi aku juga tidak mati, karena aku punya banyak teman  baru yang seperti keluargaku sendiri.
Aku semakin sadar kalau hidup ini hanya sementara, sangat sementara, masih ada kehidupan yang lebih abadi setelah kehidupan ini. Ketika aku bertanya kepada salah seorang ustadzku “apa yang membuat anda sangat percaya diri, yakin dan tenang menjalani hidup ini”? beliau menjawab : “Islam adalah agama yang sempurna, aku yakin, tenang, dan percaya diri dalam hidupku ini karena dua malaikat telah menjagaku dan aku yakin bahwa Allah selalu bersamaku”. Jawaban yang simple dan masuk akal, tetapi aku masih belum dapat meresapi kata-kata itu.
Sedikit deemi sedikit aku dapat mengerti maksud dari ucapan ustadzku. Aku pun menanamkan pemikira tersebut dalam hidupku, dan ternyata aku juga merasakan hal yang sama, ketenangan batin, keyakinan hidup dan percaya diri. Apapun dalam kehidupan ini telah dijelaskan didalam al-qur’an, tanpa kita harus menyusun and membuatnya. Semua sudah ada yang mengaturnya, Allah lah Tuhan Yang Maha Esa.

Komentar

share!