"Unexpected Ramadhan"



Karya: Nurmayunita

bulan ini kao datang .rasanya tak biasanya kao datang di pertengahan tahun
Biasanya engkao datang diakhir tahun. Hay ramadhan hari ini semua orang mulai berubah saat kao datang. Berubah dari biasanya, ya seperti kao tau mereka mulai menambah sap sajadah dimasjid dan langgar, mereka mulai mengumumkan engkao datang,dimulai dari mulut,surat kabar, papan mading mereka semua mengingatkan kita akan kehadiran mu. Hay ramadhan tak bosan rasanya kami menanti mu datang. Hingga semua channel ditv membicarakan dirimu. semua orang membicarakan dirimu semua topik pembicaraan tertuju padamu. Mulai berubah isi pesan hp ku yang dulunya aku terima "kamu ngapain hari ini?", telah berganti menjadi "tarawih dimana?barengan yuk".


Hay ramadhan sore mulai perlahan berubah menjadi gelap suara nyanyian ayat al-qura'an mulai dimainkan dimasjid, menunjukan sebentar lagi magrib. Aku pun bergegas mandi ingin menuju masjid didekat rumah berjamaah bersama kaum islam yang lainnya. Begitu beda rasanya hari ini aku berjamaah semua tertawa ikhlas menyambut kao datang dimalam ini. magrib pun berlalu  tak terasa waktu menujukan Isa datang. Alunan salawat yang diyanyikan oleh seseorang dimasjid mendatangkan puluhan orang menuju masjid yang aku datangi. Bapak-bapak,ibu-ibu,anak-anak,remaja bahkan lansia tak ingin melewatkan mu. Begitu senang hati ini karna masjid terasa ramai penuh dengan hawa ikhlas yang mereka bawa satu-satu bahkan mereka rella sholat diluar karna engkao ramadhan.
sungguh indah engkao datang ramadhan engkao ajarkan kami namanya bersyukur,engkao ajarkan kami untuk selalu dekat dengan pencipta,engkao ajarkan kami untuk membaca al-qur'an. Sungguh hebat kehadiran mu ramadhan kao bisa membuat kami yang tadinya cuek terhadap sesama menjadi saling perduli satu sama lain. Hay ramadhan suatu kebisingan yang dibuat oleh anak-anak kecil yang berkeliling dikomplek ku. Mereka membangukan ku ramadhan mengigatkan ku untuk makan atau biasa di bilang sahur. sungguh mulianya ramdhan mereka rela bangun awal dari kami ramadham hanya untuk mengigatkan kami akan datangnya sahur agar kami bertenaga di keesokan hatinya.
Ramadhan ada hal lucu yang ingin aku sampai kepada mu. Apa kao tau sekarang dirimu ada stiker LINE nya begitu banyak gambar muncul yang mengambarkan kebiasaan mu ramadhan. Ada gambar lapar,menunggu buka puasa,sahur,sholat tarawih dna masih banyak lagi. Oia ramadhan hari pertama engkao datang aku begitu banyak dapat suatu lembaran yang berisikan jadwal kegiatan mu ramadhan. Sekarang aku sanggat kagum akan kedatangan mu ramdhan membuat semua peduli kepada mu. Ramadhan kedatang mu membuat rezeki pedagang mukena dan al-qur'an meningkat tajam ramdhan disaat kao datang mereka asik menyayikan ayat al-qur'an ramadhan sungguh mulai sekali kehadiran mu ramadhan.
Ramadhan apa kao tau hari ini ak begitu banyak tugas begitu banyak perkerjaan yang belum aku selesaikan aku takut aku tak bisa menjalankannya puasa ramdhan. Namun pencipta telah mempermudah aktifitasku ramadhan ia teduhkan hari menjadi sejuk menghilangkan panas,membuat waktu berjalan lebih cepat agar ak tak merasa begitu lama.terima kasih pencipta (ALLAH). Ramadhan kao tau apa yang aku temukan hari ini saat ada pasar yang jarang aku temukan ramdahan ia menggunakan nama mu sungguh terkenal dirimu ramdhan ia menamakannya PASAR RAMADHAN . Aku pun menghentikan perjalan pulang ku untuk singgah melihat dan membeli sesuatu untuk menjamu berbuka puasa nanyi ramadhan.  Terkejutnya diriku ramadhan begitu banyak jajanan yang aku temukan disetiap lapak yang ada aku berpindah dari satu tempat ketempay lain mereka jajanan yang entah terakhir kapan aku melihatnya ramadhan. Kedatangan mu selalu membawa berkah ramdhan tak ada bosannya engkao memberi berkah mulai dari saling perduli, kesadaraan kami untuk melangkah ke masjid berjamaad bersama,hingga kao mencoba membangunkan ingatan kami akan jajan jam dulu yang entah kapanku bisa liat lagi ramadhan. Aku pun membeli beberapa jajaan itu ramadhan, dengan penuh bahagia aku melanjutkan perjalanan ku ramadhan menuju rumah. Diperjalanan aku dihentikan oleh lampu merah dan kao tau ramadhan apa yang aku liat disana ada beberapa remaja membawa suatu kerdus ramdhan entah apa isi. salah satu dari Mereka pun mendekati diriku ramadhan dengan penuh senyuman dan sambil mengambil sesuatu didalam kotak tsb ramadhan. Saat dia telah dikat dimotor ku, dia memberukan ku jajanan yang begitu nikmat dan semua itu hanya cuma-cuma. Astga ramadhan engkao mengajarkan mereka cari saling berbagi satu lagi berkah yang aku dapat akibat kedatangan mu ramadhan.
lampu merah pun berubah menjadi hijau ramadhan aku pun bergeas pulang.  Sampainya aku di rumah aku siapkan semua makanan yang aku bawa mulai dari jajanan yang aku beli serta jajanan yang aku dapat dari salah satu remaja tadi. Beduk pun mulai berbunyi aku pun sepontan berucap "ALHAMDULILAH" doa buka puasa pun aku panjatkan untuk melengkapin puasa hari pertama ramdhan. Sungguh nikmat ramdhan hari ini, lapar ku begitu sirna hanya karna jajanan yang begitu dahsyat nikamtnya ramadhan. Hari lertama engkao datang membuat ak begitu bnyak dapat pelajaran ramadhan apalagi engkao mengantarkan keberkahan yang nikmat kepadaku ramdhan.
ramadahn terima kasih engkao sudah datang ,terima kasih engkao mengajakan kami kepedulian,mengajarkan kami kebersamaan ,mengajarkan kami berbagi. Ramdhan  jika engkao datang lagi aku ingin kao mengajar aku lagi tentang hal yang belum aku tau ramadhan. Teruma kasih untuk hari ini ramadhan.

Komentar

  1. Hai, Nurmayunita. Aku Wheza.

    Ceritamu keren. Paragraf yang mendeskripsikan keindahan bulan Ramadhan terlihat indah. Aku bisa membayangkan bagaimana keindahan bulan suci umat islam ini dari ceritamu.

    Bagian yang paling aku suka saat mobil berhenti di lampu merah. Rasa saling berbagi. Oh keren sekali. Aku berharap aku dapet takjil gratis yang dibagikan di lampu merah juga. hehehe :3

    Saranku, coba perhatikan lagi beberapa pengejaan kata yang benar dalam KBBI. Seperti: engkau bukan engkao, hai bukan hay, kau bukan kao. Awalnya aku pikir kao itu nama orang. wkwkwk.

    Itu aja. Ceritamu yang ini bagus. Keep writing! ;D

    BalasHapus

Posting Komentar

Silakan berkomentar :)

share!