TANTANGAN RAMADHAN



Karya: yusuf rizaldhi

Kenalin, nama gue andre , gue adalah orang yang paling rusak moral nya di antara semua orang, gak pernah solat, ngaji , apalagi puasa,


nah, sebelum gue certain kisah gue kali ini gue bakal ceritain dulu tentang keluarga2 gue,..
keluarga gue terdiri dari gue, kakak dan kedua orangtua gue..
bokap gue bernama yusuf, orgnya tampan walaupun dia berumur 45 tahun tapi mukanya kayak orang berumur 20 tahun, nggak heran kadang ibu-ibu muda suka datang ke rumah Cuma buat godain bokap, tapi untung bokap gue orang nya setia dan imannya gede jadi gak semudah itu dia kemakan gombalan ibu-ibu sekampung
Kemudian Nyokap gue, namanya rositha..dia kalo sama bokap gue dia tuh baik bgt, lemah lembut, lemah gemulai, pokoknya beda banget sikap dia ke anaknya,
mungkin yang bikin gue jadi brutal karena orangtua gue terutama nyokap mendidik gue dengan sangat keras,
gue jadi teringat masa lalu gue , yang gue ingat seperti ini
‪-flashback-
"mami, aku pengen jalan-jalan ama mami, boleh ya?? anterin ya mi ?” pinta andre waktu itu berusia 4 tahun
"ya ampun andree, mami nggak bisa sekarang nak. mami lagi sakit kepala sayang..maafin mami ya ndre” sambil mengusap kepala andre
"kok mami Jahatt banget sih sama andre? kan andre Cuma pengen jalan-jalan mi, jangan egois ma ! turutin napa sih " ujar andre
"enggak bisa nak, mami lagi sakit kepala nak, sumpah "
"halah, mami pembohong !!! kayaknya mami sudah gak sayang lagi sama andre !!" andre mulai ngambek
"enggak nak !!! mami itu beneran sayang banget kamu kok nak !!"
"mama Pembohong !!"
"andree….. !!"
"pokok nya mami egois !!"
"tapi mami--"
"mami jahat, mulai sekarang andre enggak peduli lagi sama mami !!! *andre teriak-teriak sambil guling-gulingan di lantai.
Seorang ibu yang memang lagi menderita sakit kepala kemudian di katain jahat sama anaknya sendiri wajar saja kalau langsung emosi, kemudian dari mulut ibunya keluarlah sebuah kata-kata pedas
"MAMI ITU LAGI SAKIT KEPALA ANDRE !!, BISA PENGERTIAN GAK JADI ANAK ? KALAU MAU KELUAR, KELUAR SANA , MAMI GAK PEDULI , ANAK KURANG AJAR !!!”
Si mungil andre yang seumur hidup enggak pernah kena marah langsung diam saat pertama kali di marahi ibunya, nangisnya pun berhenti. Dia kaget, baru kali ini dia mendengar ibunya membentak dirinya,
saking shocknya, ia sampai gak sadar pipis di celana, dikarenakan bentakan dari mamanya itulah yang menyebabkan andre mempunyai sifat keras seperti ibunya, begitulah masa lalu andre yang miris

hingga pada suatu hari , saat andre lulus dari smp kemudian melanjutkan pendidikan ke smk,
sifat kerasnya masih belum berubah , dia masih suka jahil ke orang lain , suka berantem dan meminta-minta uang ke anak TK.
namun , dimasa-masa smk, andre mulai mengalami perasaan cinta ke orang lain,
dia jatuh cinta kepada seorang gadis tak lain gadis itu bernama vina, dia adalah cewek yang ia sukai waktu smp , tak menyangka ternyata vina juga 1 sekolah dengan andre di sekolah smk yang sama, namun sayangnya andre masih belum berani mengungkapkan cintanya, apalagi vina adalah seorang wanita yang alim dan orangtuanya adalah seorang ustadz dan ustadzah, pastinya hubungannya akan di tentang habis-habisan.
tapi andre nggak ma uterus menerus berfikiran negatif, saat vina berada di taman sekolah, dengan nekatnya andre mendekati vina dan berkata:
"kamu makin cantik aja ya vin .."
"kamu siapa? Kok tahu namaku?!" Tanya vina yang mulai ketakutan
"hah ? apa ? gak tau !! ini gue andre, ingat gak ?" sambil nyengir iblis
"andre mana sih ? Banyak yang namanya andre !" ujar vina semakin penasaran
" ya ampun vin, Kita dulu satu SMP, ingat gak sih?" jelas andre
"Oh kamu si cowok genit yang suka godain cewek cantik yang lebih dewasa itu
kan?! Pergi kamu !!” teriak vina
“hah!! Salah, gue gak pernah godain cewek, kamu salah orang !”
“maaf ya ndre, sekarang lagi bulan puasa, aku gak mau puasaku batal gara-gara kamu” vina kemudian pergi meninggalkan andre.
“tunggu vin” teriak andre
*prok prok prok* suara tepukan tangan terdengar dari belakang andre, saat andre menoleh ke belekang ternyata suara tepukan itu berasal dari yoyok, seorang musuh andre waktu di smp, ternyata dia satu sekolah di smk yang sama dengan dirinya.
dengan wajah yang dibumbui senyuman sinis, ia berkata “hahaha, mau mendapatkan cintanya vina? Jangan mengkhayal ndre, dia gak pantes pacaran sama orang kayak lo” ejek yoyok
dengan emosinya, kemudian andre mendekati yoyok dan berkata “Eh gak usah lebay lo, ini masalah gue. Kalau lo gak suka pergi aja loe” usir andre
 yoyok jadi ikutan panas, "Ehh ndre, apa- apaan lo ngusir gue? Lo mau dapetin vina gak usah ngipi, solat enggak apalagi puasa, mikir !”
andre nyengir licik sambil memutarkan kepalanya
"yaelah, Kumat deh alaynya, cinta gak mandang akhlaq, tapi kalau gue mau sholat, y gue bisa aja, mumpung sekarang juga bulan ramadhan, gue bisa aja puasa kalau gue mau” tegasnya
"Eh eh , brandal gak usah sok lu, nih gue kasi kaca, lo ngaca muka lo jelek, dan gue berani taruhan, lo gak bakal bisa nahan puasa, paling-paling maksimal puasa bedug” ejeknya sambil sodorin kaca.
Kemudian dari arah samping, datanglah seorang laki-laki melerai keributan mereka berdua
“sudahlah ndre, ngapain ngurusin anak alay ini”.
ternyata orang itu adalah temannya andre.
"Kagak bisa! Gue harus selesaikan
masalah gue sama Cowok alay ini..." ucap andre sambil nunjuk-nunjuk muka yoyok
"Hoaambb..." gaya yoyok sambil menguap dengan
muka cuek supaya kesannya meremehkan andre.
“hadeh, sudahlah ndre, ayo ke kantin” ajaknya
andrepun tidak mempedulikan yoyok dan berpaling dari masalah itu,
namun tiba-tiba yoyok menarik baju andre
 "Eh pengecut mau kemana lo hah? Urusan kita belum selesai."
Sebenarnya andre tipe orang yang males banget ngeladenin yoyok, tapi kalau dia terus-menerus
nantangin siapa takut.
andre lalu membusungkan dada dan mendekatinya
“mau lo apa hah?” sambil menyentil jidatnya yoyok
“woii , lo jangan main kasar dong” yoyok mendorong andre hingga mundur.
andre maju lagi, lalu menjepit yoyok pake ketiak
“siapa yang kasari sih? Cuma nyentil doing, sakit ya? Yaampun kasian, sini nenen sama kakak” ujar andre sambil membully yoyok
“arrrgggggkkk,kurang ajar, gue aduin lu”, yoyok pun berlari ke kantor, dan mengadukan perkara ini ke kepala sekolah.
karena kejadian itu, andre mendapatkan teguran dari kepala sekolah, yoyok ternyata adalah anak dari ibu kepala sekolah, jadi dia selalu di bela walaupun yoyok sendiri yang memulai pertengkaran.
sepulang sekolah, andre seperti biasa menyendiri di kamar, di kamar itulah ia mulai memikirkan tentang ocehan yoyok kepadanya, sepertinya andre masih agak emosi dengan ejekan yoyok yang mengatakan dia gak akan kuat puasa juga sholat lima waktu.
dengan semangat yang berkibar dari hinaan yoyok, dia bersumpah akan mengubah jati dirinya menjadi orang alim, dia mulai bersumpah akan berpuasa pada hari itu juga, tidak hanya bersumpah, sejak saat itu setiap malam sebelum adzan magrib ia mendatangi masjid-masjid untuk mendengar ceramah islam.
tak diduga, apa yang ia dengar dari ceramahan para ustadz, ceramah itu membuat dirinya menyesali perbuatan ia yang telah lampau, ia memulai tobat nasuha.
dari niatnya yang sekedar membuktikan dirinya kalau dia bisa , ternyata hal seperti itu malah membuatnya menjadi alim beneran,
semua temannya terkejut, dia tidak pernah lagi berantem dan juga malakin anak-anak.
dia menjadi pribadi yang aneh, orangtuanya sampai membawa andre ke psikiater karena sifatnya yang berubah drastis.di khawatirkan dia kerasukan jin muslim.
di lain pihak, Vina masih penasaran dengan cowok yang ia temui pertamakali saat ia masuk smk, secara sembunyi-sembunyi ia mengamati pergerakan andre dari jauh, sepertinya vina mulai tertarik dengannya.
pengamatannya pun terhenti saat tiba-tiba yoyok berada di belakangnya menepuk punggungnya.
“ngamatin apa vin?” sapa yoyok
“bu..bukan siapa-siapa kok, lagi melamun saja, kamu sendiri ?”
“namaku yoyok, waktu itu aku di smp yang sama denganmu, hanya beda kelas aja dan aku adalah anak dari kepala sekolah di sekolah ini, salam kenal ya” tambahnya
“oh iya, sama-sama, salam kenal juga” jawab vina cuek
“ngomong-ngomong kamu gak nerima cinta si pengecut itu kan?” Tanya yoyok
“pengecut? Siapa yang kamu maksud?”
“itu, si andre, masa aku ajak berantem dia gak berani hahaha” sambil nunjuk ke arah andre
“dia pengecut? Aku saja baru kenal dia kok, dan kapan dia nyatain cinta nya, perasaan nggak tuh, kenal aja baru sekarang”
“oh, yaudah lupain saja, soalnya aku waktu itu lihat kamu sama dia ngobrol di taman sama dia”
“hmm, dasar tukang intip, aku mau ke perpustakaan dulu ya, dadah” alasan vina pengen ngejahui yoyok
“sebentar, kalau kamu gak ada hubungan apa-apa sama andre, kalau sama aku gimana mau gak?” ungkap yoyok sambil memegang tangan vina erat-erat
“apa !! gila kamu, lepasin tanganku !!” berontak vina.
“terima cintaku atau kamu tahu sendiri akibatnya” ancamnya
“aku gak peduli, lepasin” vina berhasil lepas dari yoyok, lalu lari darinya.
“Kamu akan menyesal !!” teriak yoyok

saat jam sekolah berakhir, andre pulang sekolah seperti biasanya, ia melewati sebuah gang kecil yang sepi yang jaraknya jauh dari jalan raya.
dari gang sempit itu tiba-tiba andre mendengar suara cewek yang minta tolong, saat ia mendekat, ternyata suara itu adalah suaranya vina,  saat itu vina sedang di kelilingi lima preman yang sepertinya mengancam dirinya agar mau memberi semua uangnya,
andre menguping kejadian itu dan bersembunyi di balik tong sampah, ia mendengar jika vina tidak memberikan uangnya, ia akan di culik dan mintai tebusan ke orangtuanya.
mendengar ancaman yang terdengar sadis itu , lalu andre menampakkan dirinya,
lalu mendekati para preman itu,  seketika ia melihat sekelilingnya, di sana yoyok terlihat berada di belakang para preman,
ternyata mereka adalah suruhan yoyok , mereka adalah preman bayaran
"WOW, PAHLAWAN DATANG NIH..BAGI DUIT LO KE GUE.." bentak preman
Tanpa mempedulikan perkataan preman, andre langsung mengambil botol
minuman yang dia pegang kemudian ia menghantam kepalanya. ia pun tumbang
dengan kepala yang berdarah darah.
dengan tegas andre berkata “baru kali ini gue ngeliat preman yang beraninya sama cewek, gue gak peduli sekarang mau bulan ramadhan, awalnya gue berusaha jaga sikap dan gak ikut campur urusan kalian,tapi ngelihat kalian yang pengecut seperti ini, apa boleh buat” sifat beringas andre mulai Nampak lagi
“banyak bacot lo” serang preman
Perkelahianpun terjadi, lima lawan satu, andre di keroyok habis-habisan,
vina hanya bisa diam dan menyaksikan kejadian yang pertama kali ia alami semasa hidupnya, ia shock atas musibah yang ia alami,
namun tak begitu lama, para preman tersebut wajahnya mulai pucat karena melihat temannya satu persatu mulai tumbang,
yoyok segera pergi dari tempat itu karena ia merasa kalau pemenangnya adalah andre,
akhirnya ke lima preman yang babak belur tersebut meminta ampun kepada andre,
pun sujud mengucapkan kata maaf kepada andre dan vina
sebenarnya andre masih belum puas memukulinya , namun vina kemudian memegang tangan andre seraya menghentikan perkelahian,
“sudahlah ndre, mereka sudah minta maaf” pinta vina
“huh, sepertinya aku emang gak bisa menjadi orang yang alim, mungkin ini takdirku kali ya, walau di bulan ramadhan, aku masih saja berkelahi seperti ini, ini memalukan, aku gak bisa nahan emosi” ucap andre menyesal.
“nggak ndre, kamu benar, akhir-akhir ini aku melihatmu berubah, dan kalau kamu membelaku ini juga benar karena kamu melakukan ini untuk melindungiku, agama juga mengijinkan siapapun untuk berperang bila ada seseorang atau dirinya yang teraniaya”
“membolehkan berperang? Begitukah? ” dengan senyumnya dia menatap mata vina, “mungkin aku berubah seperti ini karena kamu vin, tuhan memberiku hidayah karena kamu, awalnya aku ingin menjadi alim karena kamu, ehh lama-lama sedikit demi sedikit aku mulai banyak berubah, ntah kenapa sifatku kembali lagi setelah kejadian ini, kayaknya aku nggak bisa hilangin sifat keras ini”
“sifatmu mungkin keras ndre, tapi aku yakin kamu akan berubah lebih baik lagi kok, apalagi ini masih bulan ramadhan kan? Kamu boleh ke rumah kalau mau petunjuk , ayah ibuku juga sering mengajarkan pelajaran agama ke anak-anak, kan ayahku seorang ustadz” saran vina
“hah? Bolehkah? Baiklah, ngomong-ngomong para preman ini diapain? Apa boleh mereka aku bawa ke rumahmu agar mereka ikut berubah
“nggak apa-apa kok” jawabnya.
andre pun memaksa para preman itu agar nurut, ia menjadikan para preman itu sebagai temannya, ia belajar ilmu akhlaq , membaca alquran bersama-sama.
apalagi waktu itu adalah waktu yang tepat, sebuah waktu dimana para setan sedang di rantai, sehingga tak ada godaan saat menerima hidayah dan ceramah,
dan juga, dikarenakan waktu itu saat bulan ramadhan , setiap masjid mengadakan tadarus maka setiap habis sholat tarawih, saat-saat itu lah ia sering menunjukkan hasil yang ia peroleh saat ketika ia belajar membaca alquran,
di bulan ramadhan itu adalah bulan dimana andre dan para preman tersebut mengubah sifatnya,
mereka menjadi seorang yang sangat lembut, baik , dan ramah.
sepertinya di bulan itulah , bulan dimana hidayah benar-benar muncul di hadapan mereka.
bermula dari semangat, cobaan dan ajaran-ajaran yang di ucapkan oleh orang-orang mukmin yang lain yang akhirnya mengubah hidup mereka
-Tamat-

Komentar

share!