PETASAN CINTA



Karya: Ay Nara

“Ramadhan tiba, Ramadhan tiba, Marhaban ya .....”
“Duar, Duar Daar,” terdengar lantang.
“Busyet dah, apaan ni?” loncat-loncat dan dengan nada kaget.
“Ha, ha, ha, gaya-gayaan sih lu. Pake nyanyi lagu religi segala. Puasa aja jarang. Untung-untungan dah kalo lu bisa puasa,” sahut Anco sambil ketawa lepas.


“Gile lu ye, kalo gue kena serangan jantung gara-gara tuh petasan tadi gimane?” jawab Baron dengan nafas terengah-engah.
Baron, lelaki yang menurut dia sendiri ganteng bak model papan penggilesan dengan tindik di kupingnye dan berpakaian ala-ala preman di film-film. Merasa paling ganteng di kampung dan mirip Aliando. Umur 25 tahun, asal Betawi, Jakarta.
Lelaki yang satu ini, dengan nama unik Anco. Nama yang cocok sama kepribadian dirinya yang ngaco. Sosok mirip artis terkenal, terkenal sampe dunia akhirat. Tau tuh mirip artis siapa....?? Peppy. Dengan badan yang pendek gempal dan kepala yang selalu kinclong alias botak. Tapi gak berjenggot.
Ling-Ling wanita cantik keturunan Cina yang kaya raya dan makmur sejahtera. Tapi sayang predikat kaya raya udah kadaluarsa. Bukan karena naik ke level kaya tingkat “dewa” ataupun udah jadi miliarder, tapi karena dia kayanya udah 10 tahun yang lalu. Usaha bangkrut yang jadi penyebabnye. Udah nasib sih!
Entah gimane mereka bertiga bisa ketemu, panjang deh ceritanya.
“Co, Ling, ngomong-ngomong ni ye, abis ini kan bulan puasa nih, masa mau ngamen terus? Ganti profesi bise kali ye?” opini Baron.
“Haiya, ganti profesi apa? Kita kan udah lama ngamen. Mau ganti profesi apa?” sahut Ling-Ling.
Mereka bertiga yang lagi nongkrong di stasiun mulai berpikir keras sampe tuh kepala hampir pecah *lebay!!*
“Ha!! gimane kalo kite jual petasan,” sentak Baron.
“Bujuk, ngomong pelan-pelan kali Ron,” sahut Anco kaget.
“Gimane? Setuju kagak?” tanya Baron dengan naik-turinin alisnye.
“Oke kayaknya untungnya lumayan tuh, tapi kita harus hati-hati. Jangan sampai ketangkap kantip,” sahut Ling-Ling.
Mereka setuju buat dagang petasan dengan modal hasil ngamen. Habis ngumpulin duit dan belanja petasan, mereka buka lapak. Bukan buka lapak di bukalapak.com tapi buka lapak di pasar kaget.
Untung yang berlipat ngebuat mereka terus berdagang petasan tanpa takut ditangkep kantip. Apalagi hasilnye lebih gede dari ngamen di jalanan maupun di stasiun. Jalanan, stasiun udah akrab sama muka-muka mereka. Persahabatan mereka emang udah erat banget. Bayangin nih ye, di lagu aja sepiring berdua. Lah mereka sepiring bertiga. Apalagi kalo lagi bokek berat, setengah piring bertiga. Nasib, nasib!! Tapi, prinsip mereka ni ye “anti utang”. Jangan sampe salah baca ye, “anti utang”, bukan lainnye. Makanye, mereka sampe segitunye kalo kantong kering melanda. Udah kering, diperes, dipanasin di oven, dijemur lagi di bawah matahari. Gimane kagak kering kerontang tuh kantong.
“Nih, bagian duit kalian. Nih buat Ling-Ling. Nih buat lu Co. Coba dari dulu begini, kan gak perlu lagi ngamen-ngamen. Masa’ ganteng begini ngamen? Udah muter-muter kena debu lagi. Wajah juga jadi berminyak,” Baron mulai menghayal.
“Muka berminyak bung? Pake “Gangnier Men,” sahut Anco dengan canda.
“Apaan tuh “Gangnier”? Ada-ada aja lu, kagak cocok lu jadi iklan pembersih wajah,”
“Terus pantesnya jadi iklan ape?” tanya Anco.
“Jadi bintang iklan obat masuk angin, biar lu pinter gak ngaco’ lagi,” sahut cepat Ling-Ling.
“Lah ape hubungannye?”
“Lah kan yang minum obat masuk angin itu, orang pintar. Orang pintar minum .....” jawab Ling-Ling.
Mereka bercanda dengan gaya mereka. Tapi gak ada satupun yang sakit hati kalo bercanda. “Enjoy the life” lah.
Terlihat di ujung jalan ada wanita pake baju putih panjang. Bukan kuntilanak. Tuh orang pake jilbab, masa’ dibilang kuntilanak. Keterlaluan lu :D. Ngomong-ngomong kalo tuh kuntilanak berjilbab, tobat kali ye? Kan bulan Ramadhan. Wokey, kembali ke topik cerita.
“Maryam, mau kemane? Abang anterin yuk!” goda Baron.
“Mau kesitu bang. Gak usah, makasih. Mari, Assalamu’alaikum”
Maryam emang dari dulu jadi inceran Baron. Udah dirayu pake segala jurus deh, sampe jurus seribu bayangan dia lakuin, dikasih umpan juga tapi tetep aja gak digubris. Ikan kale dikasih umpan. Mana bisa kepincut, lah modelnya Baron awut-awutan. Ibadah jarang, mau nikahin anak orang model Maryam yang cantik, rajin ibadah. Kayak bumi ama langit dah.
“Woy udah, lu jangan berharap ama Maryam. Cewek kayak gitu anti tuh ama yang namanya pacaran. Dan denger-denger nih ye, dia mau dijodohin ama anaknya ketua ponpes sebrang jalan ntuh,” sela Anco sambil nepuk pundak Baron yang berasa melayang ngeliat bidadari surga lewat.
“Nih ye, selama janur kuning belum melengkung, gue bakal terus berjuang buat dapetin hati Maryam,” sahut Baron dengan PD-nya.
“Nah kalo janur kuning udah melengkung gimana lu?” tanya Ling-Ling.
“Kalo janur kuning udah melengkung, gue setrika tuh janur biar lurus kagak melengkung. Udeh ah. Ayo pak dibeli petasannya, dibeli, dibeli...” sahut Baron.
***
Matahari udah tak menampakkan sinarnye, kegelapan mulai tiba. Tapi, seketika itu jadi kecerahan buat Baron waktu Maryam dateng dengan angin sepoi-sepoi ala-ala di sinetron.
“Assalamu’alaikum bang, ini nanti ada buka puasa bersama di masjid. Habis ini kan bedug. Mari segera berangkat ke masjid,” ajak Maryam dengan senyum manisnya.
“Neng, buka puasa itu kan pake yang manis ye? Eneng kan manis tuh, bole kagak buat abang buka puasa?” Rayu Baron.
“Puasa bang, gak boleh ngerayu-ngerayu. Yuk kita pergi ke masjid.”
Baron, Anco dan Maryam pergi ke masjid. Sedangkan Ling-Ling yang baru pulang dari ibadah di kelenteng harus nunggu dagangan petasan.
Di masjid mereka buka bersama. Jurus seribu rayuan Baron lontarkan buat narik perhatian Maryam. Tapi Maryam tetep kagak nggubris. Setelah buka puasa dan shalat maghrib berjama’ah, Anco ngajak Baron pulang.
“Balik yuk, nungguin dagangan. Mumpung rezeki belum dipatok ayam,” ajak Anco.
“Ngaco’ ye lu, ini kan malem bukan pagi. Pake dipatok ayam segala. Sekali-kali lu patok sendiri tuh ayam biar kapok,” sahut Baron.
Ajakan itu ditolak Baron. Baron berencana shalat isya’ dan terawih berjama’ah terus dengerin ceramah ustadz di masjid. Bukan karena dia udah tobat, tapi emang pengen deket-deket ama Maryam dan ngambil rasa simpatik Maryam.
***
Kali ini Baron jaga lapak sendirian karena Ling-Ling ngebantuin mamanya buat kue pesanan. Sedangkan Anco ke rumah saudaranya yang lagi lahiran. Angin sepoi-sepoi ngebuat mata Baron berat dan bawa’annya merem aje. Apalagi semaleman kagak bisa tidur gara-gara minum kopi pahit yang dikasih Ling-Ling. “Hussh,huush, tidurlah... tidurlah,” seakan suara angin berbisik. Baron akhirnye tidur pules.
“Kantip...kantip...,” suara gemuruh kayak lagi ada angin puting beliung.
“Ha...Haa?? kantip??” Baron terbelalak kaget.
Dengan wajah yang sok cool dan santai kayak kagak ada masalah, Baron jalan di gang kecil bak model-model catwalk.
“Woy, lu gimane sih, dagangan kagak lu jagain malah lu tinggal tidur. Ya diangkut kantip, kagak beres lu,” Anco datang sambil nepuk pundak Baron.
“Ni ye, gue kasih tau. Kemaren tuh gue denger ceramah Pak Ustadz kalo tidur ntuh ibadah, kerja juga ibadah. Nah kalo tidur di tempat kerja, berarti kan ibadahnya sama pahalanya dua kali lipat,” nyoba ngebela diri.
“Bukan begitu bang Baron. Ya harus dipisahin, gak boleh digabung begitu. Kalo kerja ya gak boleh tidur,” sahut Maryam dari belakang.
Emang dasar Baron, masalah begituan jadi masalah. Emang tuh otak kadang-kadang kagak bisa ngefilter informasi. Gimana mau bisa ngambil hatinya si Maryam.
***
Desas-desis mulai bergemuruh. Tersiar kabar kalo Maryam mau nikah sama anak ketua ponpes sebrang jalan. Baron yang cinta sama Maryam mulai gelisah, galau, merana.
“Gimane nih Ling, Co? Masa’ tampang sebelas duabelas kayak Aliando gini kagak laku?” kata Baron.
“Iye, sebelas duabelas ribu maksud lu,” cablak Anco cepat.
Dengan penuh jiwa dan raga, Baron akhirnya ngebrani’in diri pergi ke rumah orang tua Maryam buat ngelamar Maryam.
“Emang lu punya apa tong buat ngelamar anak gue?” tanya Babe Somad bapak Maryam.
“Tenang aja Be, maryam ntar mau makan ape? Rendang, sate, soto, ayam crispy, kare, semuanye deh bisa,” Baron dengan PD-nya. “Tapi dalam bentuk mie, Be,” sahut Baron lirih.
“Bukan itu maksud gue. Lu ngerti agama kagak? Gue mau anak gue satu-satunya ini nikah ama orang sholeh biar nantinye bisa jadi ahli sorga.”
Sepanjang perjalanan pulang, Baron terus mikir. Ibadah aja jarang-jarang gimane mau bawa Maryam jadi ahli sorga. Sampai mau tidur pun Baron masih mikir terus sambil ngeliat debu sawang yang gelantungan di atap rumahnye yang seakan menari-nari gembira ngeliat Baron lagi galau.
“Tidak, ampuun...,” terdengar suara jeritan ribuan orang yang tersiksa.
“Hei Baron, lu mau lewat jalan mana? Kiri atau kanan? Tuh liat kanan lu ada sorga. Kiri lu neraka. Lu kan udah dikasih hidup tapi lu sia-sia’in. Kayaknya lu lebih cocok pergi ke neraka. Ayo cepet masuk lu kesitu.”
 “Kagak, ampuuun... ampuuun, kagak mau, gue gak mau masuk neraka,” Baron terbangun dari tidurnye.
Ternyata Baron lagi mimpi. Mimpinya agak sereman. Dia mau dibawa malaikat ke neraka. Setelah mimpi itu, Baron memohon ampun kepada Allah. Dia mulai berpikir jadi orang yang lebih baik. Dia mulai baca-baca buku agama. Ikut pengajian di masjid pun dia jabani.
“Pesantren kilat” tuh selebaran yang tertiup angin nemplok di muka Baron.
“Pesantren kilat? Mungkin ini jalan gue biar jadi lebih bener,” sambil mikir.
***
“Lu kenape sih Ron, kesambet apaan sampe lu mau ke pesantren kilat?” tanya si Anco
“Gini ye, gue mimpi serem banget. Gue mau dimasukin malaikat ke neraka. Dan gue pikir-pikir ni, ngapain gue hidup kalo cuma gini-gini aja. Harus ada perubahan. Gue juga pengen jadi orang bener,” jawab Baron dengan mantap.
“Ya udah lah Co, biar si Baron jadi orang yang benar. Biar gak kayak lu, ngaco terus,” sahut Ling-Ling.
“Tapi ini semua bukan karena Maryam kan? Tulus karena Allah kagak? Tapi ngomong-ngomong kalo lu ntar udah pinter, ajarin gue ye?” tanya si Anco.
“Insya’allah tulus karena Allah. Tenang Co, pasti” jawab Baron.
“Jia You Baron! (semangat Baron)” teriak Ling-Ling.
“Bahasa apaan tuh?” sahut Baron dan Anco bersamaan.
***
H-3 lebaran, Baron semakin khusyuk ngejalanin ibadah dan bertekad jadi orang sholeh. Ibadah dari yang wajib sampe yang sunnah dia jalanin saat di pesantren. Rencananye hari ini dia mau datengin rumah Maryam buat silaturahmi.
“Ngomong-ngomong bang Baron kemana ya? Kok kagak pernah keliatan?” batin Maryam.
“Maryam!”
“Ha, ada suara kok kagak ada orangnya?” Maryam penasaran.
“Disini Maryam,” sahut Baron.
“Ha?” Maryam ngeliat Baron dari ujung kaki sampe ujung rambut dengan tatapan aneh. “Bang Baron? Mari masuk bang,” ajak Maryam.
“Udah mulai berubah lu Ron. Tapi akhir-akhir ini lu kemane aje?” tanya Babe Somad.
“Belajar di pesantren kilat be.”
Maryam dan Babenye udah ngeliat perubahan yang dialami Baron. Setiap hari Baron rajin ibadah. Babe Somad juga dapat info dari pimpinan pesantren kalo Baron selalu rajin ibadah dan gak pernah ninggalin sholat. Maryam pun udah punya rasa simpatik ke Baron, buktinya dia gak cuek lagi kalo diajak Baron ngobrol.
Sehari kemudian, Baron mendengar kalo Maryam bakal dilamar habis lebaran ini. Baron lalu mendatangi rumah Maryam.
“Be, saya ikhlas deh kalo Maryam mau nikah same anak ketua ponpes itu. Dia juga sholeh, saya bahagia kalo Maryam bahagia.”
Baron langsung pulang. Dia berserah diri kepada Allah atas semua yang bakal terjadi. Malam yang dingin nemenin Baron yang lagi agak-agak galau. Baron Cuma bisa berdo’a biar diketemu’in sama jodoh yang sholehah.
“Baron, tuh lu disuruh ke rumah Babe Somad. Suruh bantu-bantu tuh,” seru si Anco.
Sesampainya di rumah Maryam ternyata sepi kagak ada apa-apa. Tiba-tiba Babe muncul dari belakang.
“Kalo lu mau nikahin anak gue, nikahin deh habis lebaran,” bikin Baron kaget.
“Beneran be? Alhamdulillah...” jawab Baro dengan lega dan senang kayak habis dikasih rejeki nomplok.
Akhirnya Baron bakal nikahin Maryam. Perasaan dag-dig-dug dan kagak karu-karuan yang dirasa’in Baron akhirnya terjawab dengan diijinkannye nikah sama Maryam. Baron bahagia banget. Maryam pun begitu, dia udah merasa mantap kalo Baron jadi jodohnya karena perubahan Baron yang jadi sholeh dan lebih tawadhu’. Benar-benar Ramadhan yang tak diduga-duga oleh Baron. Ini semua karena kuasa Allah.
“Duar, daar, daar.....dooor” suara petasan yang menyambut kebahagian dua insan ini.

Komentar

  1. siip cerpennya, unik. Lucu. Wkwkwk :D

    BalasHapus
  2. Cerpennya unik daripada yg lainnya. Ala-ala betawi. Konyol, hahaha...
    Semangat kembangin kreatifitas menulisnya. Bravo!!!

    BalasHapus
  3. Liat infonya di twitter, bgus jg cerpenx, asyik ceritax. Gak melulu sedih2

    BalasHapus
  4. banyak percakapan yang lucu (humor bgt) sebenernya

    BalasHapus
  5. keren ceritanya
    Lanjutkan!!

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. good job, unique story :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Silakan berkomentar :)

share!